RSS

Tugas-Tugas Mata Kuliah

Dosen Pembimbing Tugas Mahasiswa : Bayu Pramutoko, SE.,MM.

Kediri, 2 September 2013

Tugas Mata Kuliah : Kewirausahaan

Mahasiswa Akuntansi Semester 3B1,3B2 dan 3C

MEMBUAT KELOMPOK  PRAKTEK WIRAUSAHA

Masing  – masing kelompok terdiri dari 5 orang, 1 orang ditunjuk sebagai ketua .

§Tiap – tiap kelompok membuat usaha sederhana bebas :

Misalnya :

a. Usaha membuat olahan makanan.

b. Usaha jasa

c. Usaha perdagangan barang

> Modal didukung oleh semua anggota kelompok.

> Modal Tidak besar dan sesuai kemampuan.

Waktu selama 1 semester/ 6 bulan.

> Laporan kegiatan praktek wirausaha :

1. Diketik rapi

2. Disertai Foto Dokumentasi Kegiatan Praktek Usaha

3. Disertai Laporan Keuangan Rugi Laba

4. Kelompok yang siap dengan laporannya bisa dipresentasikan didepam kelas.

Tugas Mata Kuliah : Teori Ekonomi Mikro

Kediri, 7 Oktober 2012

Semester 2 Manajemen Uniska Kelas : A1, A2, A3 :

Tahun akademik : 2012/2013

Permasalahan : Pemerintah Akan Menaikan Harga BBM, Namun Hingga 2 bulan tidak terjadi kenaikan BBM

Akibatnya Harga – harga barang dipasar tidak menentu dan cenderung spekulasi atau permainan harga oleh pedagang terutama sembako :

Apakah ada kenaikan harga di pasar pada periode akhir tahun 2012?

1.  Sampai  berapa persenkah kenaikan harga tersebut?

2. Apakah dampak  kenaikan harga ini bagi pembeli?

3. Apakah penyebab kenaikan harga tersebut?

4. Berapakah laba yang di peroleh penjual?

5. Apa yang diharapkan dari kondisi saat ini?

Tugas :

Melakukan Penelitian/survey tentang fluktuasi kenaikan harga barang : Beras, daging sapi, gula, minyak goreng, daging sapi, dan telur. Beserta Reaksi pedagang – pedagang dan para pembeli  ke 5 pasar di Kota Kediri yaitu :

a. Pasar Paing

b. Pasar Bawang

c. Pasar Setono Betek

d. Pasar Bandar

e. Pasar Pesantren

Ketentuan :

1. Buat Kelompok masing 5 orang untuk satu Kelompok

2. Pelaksanaan Setelah Ujian Tengah Semester hingga 1 minggu sebelum UAS

3. Laporan penelitian diketik rapi dan file dikirimkan ke email : bapra7@gmail.com

(Kediri, 10 Mei 2011)

1.     Tugas Mata Kuliah Ekonomi Islam

Untuk Semester  2 Kelas A1,A2 dan B2

Membuat makalah tentang Ekonomi Islam dengan mengambil pokok bahasan yang berkaitan dengan Perkembangan Ekonomi Islam.

Misal :

a.     Perkreditan Syariah

b.     Bursa Saham Syariah

c.     Perbankan Syariah

d.     Zakat dan pajak

e.     Penerapan system keuangan syariah di Indonesia

f.       Koperasi simpan pinjam berbasis syariah.

 * Setiap Kelompok diharuskan mempresentasikan  hasil karyanya didepan kelas .

2.     Tugas Mata Kuliah Manajemen Pemasaran 2

Untuk Semester 4 Kelas B1

Membuat makalah dengan menganalisa 1 jenis produk dengan dua merk yang berbeda.

Contoh : Produk sabun cuci Merk: Rinso dan Attack

Item analisa produk :

a.     Komposisi bahan

b.     Kemasan

c.     Berat jenis

d.     Design kemasan

e.     Segmen pasar

f.       Harga

g.     Media promosi.

 * Setiap Kelompok diharuskan mempresentasikan  hasil karyanya didepan kelas .

___________________________________________________________________

===========================================================

Tugas Mata Kuliah Ekonomi Bisnis Internasional Untuk kelas Reguler dan SM :

a. Merangkum sebuah buku dengan judul Bebas tetapi yang berkaitan

dengan Ekonomi Bisnis Intersional dan buku dikumpulkan.

misal :

– Pemasaran internasional

– Pasar Modal

– Bursa Saham

– Perdagangan

– Perjanjian Intersional

– dll

b. Diketik rapi dengan jarak baris 1,5 disesuaikan dengan pembuatan makalah :

– Judul

– Ditulis Nama Kelompok dan nama-nama anggota kelompok dan

NPM yang terdiri dari masing-masing anggota kelompok yang

berjumlah 4 orang.

– Kata Pengantar

– Daftar isi

– Isi / Subtansi makalah

– kesimpulan

– Daftar Pustaka dengan sumber yang berasal dari buku yang dirangkum

c. Makalah tidak dicetak tetapi disimpan dalam File yang diberi nama :

Tugas Ek. Internosional ”

d. Selanjutnya File dikirimkan lewat email internet ditujukan pada alamat Email :

– bapra7@gmail.com

– bayupram12@yahoo.co.id

e. Makalah dalam File harus diterima paling lambat 1 minggu sebelum UAS

f. Buku dikumpulkan pada saat UAS disertai nama -nama anggota kelompoknya.

II. Tugas Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Mikro Untuk kelas SM :

a. Merangkum sebuah buku dengan judul Bebas tetapi yang berkaitan

dengan Ekonomi Mikro dan buku dikumpulkan.

misal :

– Pendapatan rakyat

– Pedagang kaki Lima

– Kebutuhan Pokok Masyarakat

– Perdagangan Sektor menengah dan kecil

– dll

b. Diketik rapi dengan jarak baris 1,5 disesuaikan dengan pembuatan makalah :

– Judul

– Ditulis Nama Kelompok dan nama-nama anggota kelompok dan

NPM yang terdiri dari masing-masing anggota kelompok yang

berjumlah 5 orang.

– Kata Pengantar

– Daftar isi

– Isi / Sabtansi makalah

– kesimpulan

– Daftar Pustaka dengan sumber yang berasal dari buku yang dirangkum

c. Makalah tidak dicetak tetapi disimpan dalam File yang diberi nama :

Tugas Pengantar Ekonomi Mikro ”

d. Selanjutnya File dikirimkan lewat email internet ditujukan pada alamat Email :

– bapra7@gmail.com

– bayupram12@yahoo.co.id

e. Makalah dalam File harus diterima paling lambat 1 minggu sebelum UAS

f. Buku dikumpulkan pada saat UAS disertai nama -nama anggota kelompoknya.

 

9 responses to “Tugas-Tugas Mata Kuliah

  1. Nungky Manumayasa

    Mei 3, 2008 at 2:53 pm

    Lho Pak…,kok jadi dibatasi gini…?
    td katanya bebas,pokoknya tentang teori ekonomi mikro.
    ekonomi bisnis internasional……????????

     
    • zul

      April 18, 2014 at 3:37 am

      pak bisa nanya, apa kebijakan bapak jika masyarakat tdk mempercayai bank dan lembaga keuangan lainnya dan apa alasanx?

       
      • Bayu

        April 18, 2014 at 3:57 am

        Mas Zul, kalau itu terjadi yang rugi masyarakat itu sendiri. Hidup dalam sebuah negara yang memiliki UU dan kebijakan itu, adalah resiko warga negara yang mendiaminya, namun kalau lembaga – lembaga didalamnya tidak bisa dipercaya maka, bisa saja kita pindah keluarnegeri, tapi itu tidak bisa menyelesaikan masalah, karena dinegara yang baru pun kita harus menyesuaikan dengan UU dan peraturannya juga. Setiap permasalahan kita sikapi sebagai sesuatu yang lumrah dan akan ada pemecahaanya, karena pelaksanannya adalah orang – orang juga. Kalau tidak benar jangan diikuti, cari lembaga Bank yang benar, saya yakin pasti ada Bank Yang benar jalannya.

         
  2. bayu96ekonomos

    Mei 4, 2008 at 11:34 am

    ok Nungky, yang anda baca itu memang tugas untuk mahasiswa matakuliah Ek. Internasional, Tugas yang untuk Mata kuliah Ek. Mikro baru saja saya upload yang huruf warna hijau. terima kasih

     
  3. fun3

    Mei 13, 2008 at 1:54 am

    Pak, lengkap yaow artikelnya..tahu gini saya ujian bisa dunks..ntar waktu UAS aku balas dendam ya pak…thanks materi n infonya.

     
  4. fendy

    November 4, 2008 at 2:44 am

    pak materi mata kul BLK blm ada ya diblogx……… kalo bisa dimuat juga pak biar saya gampang belajarnya…. makasih pak

     
  5. Um Mi

    November 15, 2013 at 11:10 am

    pak bisa minta tolong ngga.. gini sya dari mahasiswi di sulsel. sya ingin bertanya tentang Peranan ekonomi makro dalam perekonomian nasional itu kayak gimana.. mohon dibantu yah pak. terima kasih

     
    • Bayu

      November 17, 2013 at 11:48 am

      Um Mi yang cantik…..
      Bicara tentang Ekonomi Makro sudah pasti akan bicara seputar ekonomi nasional, Ekonomi makro membicarakan tentang :
      Secara garis besar, permasalahan kebijaksanaan makro mencakup dua permasalahan pokok:
      a. Masalah jangka pendek atau masalah stabilisasi. Masalah ini berkaitan dengan bagaimana “menyetir” perekonomian nasional dan bulan ke bulan, dan triwulan ke triwulan atau dan tahun ke tahun, agar terhindar dan tiga “penyakit makro” utama yaitu:
      1) inflasi,
      2) pengangguran dan
      3) ketimpangan dalam neraca pembayaran.
      b. Masalah jangka panjang atau masalah pertumbuhan. Masalah ini adalah mengenai bagaimana kita “menyetir” perekonomian kita agar ada keserasian antara pertumbuhan penduduk, pertambahan kapasitas produksi, dan tersedianya dana untuk investasi. Pada asasnya masalahnya juga berkisar pada bagaimana menghindari ketiga penyakit makro di atas, hanya perpektif waktunya adalah lebih panjang (lima tahun, sepuluh tahun, atau bahkan dua puluh lima tahun).
      Perekonomian nasional kita lihat sebagai suatu sistem yang terdiri dan empat pasar besar yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu:
      (a) Pasar Barang
      (b) Pasar Uang
      (c) Pasar Tenaga Kerja
      (d) Pasar Luar Negeri
      Penjelasan selanjutnya ada di halaman materi kuliah.

       
    • Bayu

      November 25, 2013 at 12:53 pm

      Peranan Ekonomi makro untuk kepentingan nasional adalah untuk memberikan gambaran dan penjelasan langkah – langkah yang akan digunakan untuk menyelasaikan permasalahan ekonomi nasional. dengan mengetahui kondisi makro berarti harus memberikan keseimbangan antara mikro ekonomi dan makro ekonomi.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: